welcome to my blog, enjoy it, share it !

Kamis, 07 April 2011

[IBD] manusia dan kebudayaan

manusia adalah makhluk sosial yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa hidup sebatang kara.

Sementara kebudayaan adalah sebuah tata cara atau kebiasaan manusia dalam menjalani hidup. Manusia dan kebudayaan sangatlah erat hubungannya satu sama lain, dimana kebudayaan adalah bagian dari struktur khidupan manusia.
Kebudayaan bisa mengakar dalam hati manusia yang menjalani kebudayaan tersebut, jika sebuah budaya atau kebisaan itu telah mengakar maka sangat sulit bagi kita untuk menghilangkannya. Sebagai contoh kebudayaan yang sangat mengakar di Indonesia adalah budaya korupsi. Mungkin sangatlah tidak pantas kita menyebut korupsi sebagai budaya, tapi secara tidak sadar dan terima atau tidak terima, korupsi lambat laun telah mengakar di Bumi Pertiwi ini. Banyak sekali kasus korupsi yang tanpa akhir, bahkan akhir-akhir ini banyak sekali para petinggi di Negeri ini yang pandai menyembunyikan kasus korupsi.
Untuk menghilangkan budaya yang buruk itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena budaya adalah hal yang bisa membuat orang kecanduan. Menyembuhkan orang yang kecanduan membutuhkan proses yang panjang.
Kira-kira seperti itulah pandangan saya tentang Manusia dan Kebudayaan, saya mengambil contoh yang sekiranya bisa mudah dimengerti. Karena di dunia ini masih banyak contoh positif dan negatif lain yang bisa kita teliti lebih dalam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates